Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

UPACARA PERINGATAN SUMPAH PEMUDA DI LANUD ROESMIN NURJADIN

Bagikan via:

    Segenap personel Lanud Roesmin Nurjadin beserta Insub melaksanakan upacara peringatan ke 85 hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di Main Apron Lanud Rsn, Senin 28/10). Bertindak selaku Inspektur Upacara Kepala Dinas Operasi, Letkol Pnb Prasetiya Halim dengan Komandan Upacara Kapten Kal Dodi. Pada sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan bahwa Sumpah Pemuda merupakan momentum yang telah membangun komitmen kolektif bangsa untuk berani dan mengembangkan jiwa nasionalisme di tengah-tengah kolonialisme penjajah.   Momentum sejarah tersebut penting untuk kembali direnungkan  agar semangat yang terkandung di dalamnya dapat memberikan inspirasi dan motifasi bagi seluruh bangsa untuk menggapai kejayaan bangsa di masa depan agar dapat hidup sejajar dengan bangsa-bangsa lain.


    Adapun tema yang diangkat pada peringatan Sumpah Pemuda tahun ini adalah “Memajukan Pemuda yang Santun, Cerdas, Inspiratif, dan Berprestasi”. Disampaikan bahwa, pemuda yang santun adalah pemuda yang memiliki budi pekerti beraklak mulia menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda peduli terhadap sesama. Pemuda Indonesia di tuntut untuk santun dalam perkataan pikiran dan perbuatan.   Pemuda yang cerdas adalah pemuda yang memiliki kemampuan inovasi dan kreaktifitas yang tinggi, yang mampu mengatasi berbagai persoalan dihadapinya, yang memiliki kopetensi sehingga akan mampu bertahan dan akan unggul dalam menghadapi persaingan global,     Pemuda yang inspiratif adalah pemuda yang mampu memberikan inspirasi bagi pembangunan bangsanya, inspirasi bagi perubahan dan inspirasi dalam mengembangkan generasi yang unggul.  Sedangkan pemuda yang berprestasi adalah pemuda yang senantiasa berorientasi pada kejayaan, keunggulan dan kegemilangan masa depan.  


    Tampil sebagai petugas pengibar bendera pada upacara tersebut adalah anggota Satpomau Lanud Rsn dan pembaca UUD 1945 dari anggota Skadron Udara 12 serta pembacaan keputusan Konggres Pemuda Indonesia tahun 1928 dari personel staf Intelpam Lanud Rsn.