Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

SATGAS ASAP BERHASIL PADAMKAN 52 TITIK API DI RIAU

Bagikan via:


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif menyatakan, ada sekira 52 hotspot berhasil yang dipadamkan oleh Satgas Operasi Terpadu Penanggulangan Bencana Asap Riau dengan kekuatan darat dan udara.

"Kemenhut melaporkan, pantauan satelit NOAA titik panas atau hotspot sejumlah 121 titik pada hari ini. Hotspot terpantau di beberapa wilayah Riau dan terkonsentrasi di bagian utara dan timur Riau, seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Siak, Pelalawan, dan Indragiri Hulu," ujar Syamsul Maarif, kepada wartawan, Sabtu (29/3/2014).

Selaku Dansatgas Operasi Terpadu Penanggulangan Bencana Asap Riau, Syamsul terus memimpin operasi darat dan udara untuk mengatasi bencana asap secara intensif.

Pemadaman darat menggunakan kekuatan penuh. Terdiri dari personel dari TNI, Polri, Manggala Agni, pemadam kebakaran, dan satuan lain, bahkan dari beberapa perusahaan perkebunan. Lebih dari 2.000 personel, saling bekerjasama untuk memadamkan api dan asap tersebut.
 
"Operasi hujan buatan berhasil menurunkan hujan di Pekanbaru, Bangkinang, Koto Kampar (Kampar), Pasir Pangarayan (3ohil), Sedinginan (Rohul), Dumai dant Tembilahan (Inhil)," bebernya.

Satgas Udara mendapatkan tambahan bantuan satu helikopter yang secara khusus mampu menggerakkan personel dan perlengkapan dengan cepat. Danrem 03/WB langsung menginstruksikan personel TNI dan Manggala Agni untuk memadamkan asap di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil agar asap tidak mengarah ke Pekanbaru dan mengganggu operasional bandara.

"Satgas Ops udara tetap terus mengoptimalkan hujan buatan dan water bombing," pungkasnya