Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Idul Adha 1436 H di Lanud Roesmin Nurjadin

Bagikan via:

 
Keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin baik militer, PNS dan anggota PIA AG cabang 12./D.I Lanud Rsn beserta masyarakat sekitar membaur untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1436 H dengan penceramah Ustadz Dr. Abu Samah, M.A.,yang berlangsung di Appron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin, Kamis (24/9).
 
Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui peringatan Idul Adha, kita dapat mengambil hikmah dan keteladanan yang telah ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail As atas keikhlasannya dalam menjalankan perintah Allah SWT.  
 
“Melalui Idul Adha juga umat Islam diajarkan menjadi seseorang yang berjiwa sosial untuk berbagi dengan sesama, tak hanya itu kita pun dilatih untuk meningkatkan rasa kemanusiaannya, mengasah kepekaan dan menghidupkan hati nuraninya agar memiliki rasa perhatian, kepedulian, solidaritas, dan persaudaraan antara sesama”, tambah Danlanud.
 
Dikaitkan dengan keberadaan Lanud Rsn, Danlanud mengatakan dengan memiliki jiwa sosial secara tidak langsung akan membina tali persaudaraan, baik di kalangan keluarga besar Lanud Roesmin Nurjadin maupun masyarakat di sekitarnya, yang pada akhirnya akan bermuara pada kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa.
 
Sementara itu Ustadz Dr. Abu Samah, M.A., dalam ceramahnya menyampaikan bahwa dalam kehidupan ini manusia harus memiliki iman dan taqwa yang kuat, agar dapat selamat dalam kehidupan dunia maupun akhirat nanti. 
 
“Yang terpenting adalah selalu menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya”, lanjutnya.
 
Di akhir ceramahnya ustadz Abu Samah mengajak seluruh kaum muslimin dan muslimat yang hadir untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa, perbanyak amal serta ibadah karena itu adalah bekal yang akan kita bawa saat hidup kita berakhir.
 
Pada Idul Adha tahun ini Lanud Roesmin Nurjadin menyerahkan 39 ekor hewan qurban kepada Panitia peringatan Idul Adha Lanud Rsn, terdiri dari 17 ekor sapi dan 22 ekor kambing, yang dalam pelaksanaan penyembelihannya terbagi di dua tempat yaitu 12 ekor sapi dan 18 ekor kambing di Masjid Amrullah Lanud Rsn serta lima ekor sapi dan empat kambing di Markas Yonko 462 Paskhas “Pulanggeni”. 
 
Setelah seluruh hewan qurban disembelih, dagingnya akan didistribusikan kepada kaum yang membutuhkan serta beberapa panti asuhan yang berada di sekitar wilayah Lanud Roesmin Nurjadin.