Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Rumkit Lanud Rsn Laksanakan Pengobatan Keliling

Bagikan via:

Kabut asap yang masih selimuti Provinsi Riau tentu membawa dampak yang tidak baik bagi kesehatan para warganya, salah satunya adalah terjangkitnya penyakit infeksi saluran pernafasan akut atau ISPA.

Rumah Sakit (Rumkit) Lanud Roesmin Nurjadin bersama-sama dengan Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan Penanggulangan Bencana Asap kembali melaksanakan pengobatan keliling kepada warga Riau yang mungkin mengalami gangguan kesehatan Infeksi Saluran Pernafasan Akut  (ISPA), bertempat di Gedung Posyandu Maharani Pekanbaru, Sabtu (24/10).

Menurut Karumkit Lanud Rsn Mayor Kes Dr. Fendri A, Sp.B., masih adanya kabut asap yang menyelimuti Riau akan memungkinkan timbulnya gangguan kesehatan para warga, salah satunya adalah keluhan ISPA.

“Pengobatan keliling ini selain mengatasi masalah keluhan ISPA juga dilaksanakan untuk membantu keluhan Pneumonia, Asma, iritasi mata dan iritasi kulit yang dialami masyarakat”, tambahnya.

Sementara itu Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi menyampaikan bahwa apa yang dilakukan Rumah Sakitnya dengan melaksanakan pengobatan keliling, adalah bentuk kepedulian dari Lanud Roesmin Nurjadin terhadap masyarakat Riau khususnya di Kota Pekanbaru yang mungkin mengalami gangguan kesehatan akibat adanya bencana asap.

“Selain itu Lanud RSN juga terlibat dalam menyediakan oksigen bagi penderita korban asap dengan mengerahkan tabung oksigen dari Pazam ke posko-posko kesehatan yang ada”, tambahnya.

Danlanud berharap semoga dengan dilakukannya pengobatan massal secara keliling ini dapat mengurangi keluhan warga yang mungkin mengalami gangguan ISPA dan penyakit lainnya.
 
Kegiatan pengobatan keliling ini sendiri melibatkan beberapa pihak seperti Dinkes Provinsi Riau, Dinkes Kota Pekanbaru, Rumah sakit TNI AU Lanud RSN, Poltekes Depkes Pekanbaru, Ikatan Apoteker, Kimia Farma, serta beberapa institusi pendidikan tenaga kesehatan di Pekanbaru.

Dalam melaksanakan tugasnya, Satgas kesehatan akan dibagi dalam beberapa tim yang nantinya akan bergerak menuju titik-titik yang telah ditentukan untuk kemudian memberikan bantuan kesehatan kepada warga.