Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Peringatan ke-70 Hari TNI AU di Lanud Roesmin Nurjadin

Bagikan via:

Ribuan masyarakat Riau dari berbagai usia dan kalangan memadati Lanud Roesmin Nurjadin guna menyaksikan acara puncak peringatan ke-70 Hari TNI Angkatan Udara yang digelar di Lanud Roesmin Nurjadin, Sabtu (9/4).

Diawali dengan Upacara Parade dengan Inspektur Upacara (Irup) Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Henri Alfiandi, masyarakat pun disuguhkan berbagai atraksi pada peringatan ke-70 Hari TNI AU kali ini seperti fly pass pesawat Hawk 100/200, terjun payung, demo aeromodelling, olahraga Paramotor, kemudian Static Show Pesawat Hawk 100/200 dan F-16, juga persenjataan dari Yonko 462 Paskhas serta tak ketinggalan panggung hiburan.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danlanud Rsn menyampaikan bahwa  tanggal 9 April adalah momen historis yang paling membanggakan, karena awal keberadaan TNI Angkatan Udara  di Bumi Pertiwi ini, lahir dari hasil perjuangan, yang secara bersama-sama dengan komponen bangsa lainnya dalam meraih kemerdekaan, menjaga sekaligus menegakkan kedaulatan NKRI.

“Sejarah telah mencatat bahwa pada tahap-tahap perjuangan nasional yang menentukan, TNI Angkatan Udara ikut menentukan jalan dan arah perjuangan bangsa”, tambah Kasau.

Lebih lanjut Kasau mengatakan bahwa dengan perkembangan dimensi kedirgantaraan yang semakin cepat, luas dan signifikan, kekuatan udara menjadi hal penting yang harus dikelola secara bersama-sama, agar mampu mengontrol seluruh ruang udara nasionalnya. Karena untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia, secara mutlak perlu didukung oleh kekuatan udara yang kapabel.

“Kemudian dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadikan Alutsista Udara rentan terhadap ancaman Cyber Warfare dan Cyber Defence, sehingga Angkatan Udara harus melengkapi kemampuannya untuk beradaptasi dalam semua level peperangan masa depan yang memadukan domain darat, laut, udara dan cyber serta space”, ujar Kasau.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kasau juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan  yang setinggi-tingginya kepada para sesepuh dan  senior Angkatan Udara atas pengabdian dan jasa-jasanya, serta kepada seluruh prajurit beserta keluarga besar Angkatan Udara, atas kesetiaan, pengabdian dan pelaksanaan tugas yang tulus kepada Angkatan Udara, TNI, bangsa dan negara.