Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Cegah Karhutla Riau, Satgas Amankan Dua Orang

Bagikan via:

Riau tanpa asap di tahun 2017 adalah komitmen bersama seluruh unsur yang tergabung dalam Satgas Karhutla Provinsi Riau.

Untuk itu, mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), tim gabungan Satgas Karhutla Riau yang terdiri dari personel Lanud Roesmin Nurjadin, Yonko 462 Paskhas dan Polda Riau kembali melakukan patroli udara dan aksi penindakan di wilayah Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (22/2).

Setelah melakukan persiapan, tim kecil ini terbang menuju lokasi yang telah ditentukan menggunakan helikopter Puma TNI AU dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sandjaja Bogor yang dipiloti Kapten Pnb Arif Khoirudin dan Lettu Pnb Bima W. Wira.

Dari aksi penindakan ini  dapat diamankan dua orang dengan inisial MT (51) dan MR (25) yang merupakan warga  Langkat Sumatera Utara dan mengaku hanya sebagai pekerja kebun. Kedua orang tersebut selanjutnya diamankan selama 1×24 jam guna dimintai keterangan di Satpomau Lanud Rsn, untuk kemudian diserahkan ke Polda Riau guna dilakukan proses selanjutnya.

Danlanud Rsn Marsma TNI Henri Alfiandi, yang juga Komandan Satgas Udara mengatakan aksi penindakan yang dilakukan oleh tim gabungan ini merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Satgas untuk mencegah Karhutla di Riau.

“Aksi terpadu ini bertujuan untuk memberikan efek jera bagi oknum-oknum pembakar lahan, dengan harapan kedepannya tidak ada lagi yang coba-coba untuk membakar lahan”, tegas Danlanud.

Senada dengan Danlanud, Kalaksa BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan semoga dengan adanya operasi seperti ini akan dapat memberikan efek kejut bagi pembakar-pembakar lainnya.