Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Danlanud Rsn Hadiri Festival Pacu Jalur di Kab. Kuansing

Bagikan via:

Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., menghadiri Festival Pacu Jalur (pacu sampan) yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata  Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc., bertempat di  alun-alun Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, Rabu (21/8/2019).

Festival Pacu Jalur yang sudah berusia 116 tahun ini akan  diikuti 8.500 perserta lomba yang terbagi menjadi  175 Jalur. Mereka berasal dari 3 wilayah di Riau. 154 Jalur dari tuan rumah Kuansing. Selain itu, ada juga 20 Jalur yang datang dari Indragiri Hulu (Inhu). Untuk Kota Pekanbaru mengirimkan 1 Jalur sebagai perwakilannya.

Pada sambutanya Menpar mengatakan Festival Pacu Jalur ini sangat bagus. Bukan sekedar perlombaan, tapi ada pelestarian seni dan budaya khas Kuansing. Untuk sekarang dan seterusnya, hadiah juara dinaikan menjadi Rp100 Juta. Besarnya nilai hadiah ini menandakan Festival Pacu Jalur sangat bergengsi. Kami yakin, perlombaan akan berjalan lebih meriah.

“Dengan atraksi luar biasa seperti ini, aliran wisatawan akan semakin positif. Artinya, pariwisata di Kuansing dan Riau akan terus berkembang. Khusus Riau, destinasi ini luar biasa karena pertumbuhan wisman setiap tahunnya sekitar 50%. Jumlah itu akan terus bertambah, apalagi Malaysia Airlines akan membuka poros baru Kuala Lumpur-Pekanbaru”, lanjut Menpar.

Hadir pada kegiatan tersebut Gubernur Riau H. Syamsuar, Wakil Bupati Kuantan Singingi H. Halim dan Tokoh Masyarakat.