Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

F-16 Temukan Titik Api

Bagikan via:

F-16 dari Skadron Udara 16/Rydder, temukan titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam sesi latihan rutin yang digelar di langit Bumi Lancang Provinsi Riau, Rabu (21/7/21).

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan, pemantaun tersebut bekerjasama dengan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru guna menentukan koordinat titik api yang terpantau citra satelit. Kemudian pihak Lanud Rsn menyampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau untuk segera ditanggulangi.

“Area yang dipantau meliputi seluruh wilayah udara Provinsi Riau yang juga menjadi area latihan terbang bagi Pesawat Tempur TNI Angkatan Udara, ungkapnya.
Sedangkan posisi Karhutla yang terpantau oleh pesawar F-16 Fighting Falcon terjadi di 90 km arah barat dari Kota Pekanbaru, tepatnya di Koto Tuo, Kampar.

Kemudian Andi Kustoro mengatakan, ini adalah bukti nyata bahwa peran Lanud Rsn dalam penanggulangan Karhutla sangat penting, tidak hanya sebagai koordinator pengerahan satgas udara helly BNPB tetapi juga dengan mengerahkan kekuatan unsur-unsur tempurnya yang terbang di Langit Lancang Kuning. Dikombinasikan dengan latihan tempur udara, pesawat tempur F-16 maupun Hawk 100/200 juga melaksanakan observasi terhadap titik-titik api yang ada di wilayah Riau.

“Kami sebagai kekuatan penuh di udara akan selalu mengamankan wilayah udara Indonesia dari setiap ancaman dan gangguan, termasuk salah satunya Karhutla”,ujar Andi Kustoro orang no.1 di jajaran Lanud Rsn.

Andi menegaskan, penangan Karhutla di Riau harus menjadi perhatian seluruh warga Riau, tidak hanya aparatur negara. Kita tidak ingin hutan Riau kembali terbakar dan Kita semua berharap udara Riau terbebas dari asap karhutla.

Hasil pantauan Karhutla dari pesawat F-16 tersebut langsung dilaporkan ke Satgas Karhutla, selanjutnya ditinjaklanjuti oleh Bidang Operasi Udara dengan mengirimkan Helly untuk melaksanakan Water Bombing ke lokasi titik api dikolaborasikan dengan tim darat dari TNI Polri, BNPB, Manggala Agni dan Sukarelawan yang melaksanakan pemadaman dari bawah.