Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Irkoopsud I: Wasrikkap Berperan Sebagai Assurance Dan Konsultan

Bagikan via:

Kegiatan Wasrikkap bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan kelalaian terhadap prosedur dan peraturan. Itkoopsud I sebagai pengawas internal jangan dipersepsikan seolah-olah mencari kesalahan apalagi mendiskreditkan satuan, namun Wasrikkap lebih berperan sebagai Assurance dan Konsultan.

Demikian yang dikatakan oleh Irkoopsud I Marsekal Pertama TNI Dedy Ghazi Elsyaf, M.Si, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kolonel Pnb Adi Setio Nugroho, S.E., pada acara Entry Briefing Wasrikkap TA.2022, tempat di Ruang Rapat Tuanku Tambusai Mako Lanud Roesmin Nurjadin, Senin (31/19/22).

Marsma TNI Dedy Ghazi Elsyaf , M.Si., menjelaskan, assurance adalah penjamin bahwa kegiatan Satker tersebut sudah sesuai dengan peraturan dalam mencapai tujuan organisasi, sedangkan konsultan adalah tempat konsultasi dan penyedia informasi untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang dapat merugikan satuan kerja serta meminimalisir temuan eksternal dengan berpedoman 2K (Ketaatan dan Ketertiban) serta 3E(Efektif, efesien, dan Ekonomis).

“Hasil temuan Wasrikkap tahun 2021 rekomendasi dan semuanya telah ditindaklanjuti sesuai dengan waktu yang ditentukan, diharapkan temuan yang sama tidak terulang lagi”,ujar Irkoopsud I selaku Pengendali.

Kemudian Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ian Fuady dalam sambutannya yang dibacakan oleh Danwing Udara 6 Kolonel Pnb Bagus Haryadi B., mengatakan, kami menyambut baik kedatangan Tim Wasrikkap Itkoopsud I di Lanud Roesmin Nurjadin, tentunya dengan harapan adanya koreksi, saran serta masukan dari tim terhadap setiap kemungkinan timbulnya permasalahan, hambatan dan penyimpangan terhadap program kerja yang telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan sampai dengan tahap pelaporan, sehingga kinerja Lanud Roesmin Nurjadin akan semakin baik di masa mendatang.

“Pelaksanaan tugas yang diemban di seluruh satuan kerja Lanud Roesmin Nurjadin harus berdaya guna, tepat guna, tertib hukum dan tertib tindak, berdasarkan program, ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kami menyakini, bahwa kegiatan Wasrikkap bukanlah mencari kesalahan, melainkan supervisi serta evaluasi terhadap semua pelaksanaan tugas dan tangung jawab, yang pada akhirnya akan bermuara untuk kemajuan satuan atau organisasi itu sendiri”,imbuhnya.

Ian menegaskan, kepada seluruh pejabat dan staf Lanud Roesmin Nurjadin, agar mendukung pelaksanaan Wasrikkap Itkoopsud i ini, berikan informasi maupun data-data yang yang akurat dan terbuka, sehingga kegiatan pemeriksaan dapat berjalan dengan aman, lancar dan tanpa hambatan.

Turut hadir, dari Tim Wasrikkap Kolonel Tek Anthonius Sambiring, S.T., Letkol Adm Layasi Perangin Angin. S.H., Letkol Pom Suharto, M.Han., Letkol Lek Taufik Rahman A.Md., sedangkan dari Lanud Rsn hadir Kadisops Kolonel Pnb Asri Efendi Rangkuti, Kadispers Efrizal Syah, S.A.P., MI. Pol., Kadislog Kolonel Tek Dody Kurniadi, S.E., M.M., Kadispotdirga Kolonel Tek P.Siboro, S.T., dan Para Dansat serta Pejabat lainya.