Lanud Roesmin Nurjadin   |      Kota Pekanbaru Propinsi Riau   |      0761-61456 ext. 9006

Kadispotdirga Lanud Rsn Ikuti Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak

Bagikan via:

Kadispotdirga Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Tek Parluhutan Siboro, S.T., M.Si., mewakili Danlanud Roesmin Nurjadin beserta Pimpinan TNI-Polri di Provinsi Riau melaksanakan Penanaman Mangrove untuk wilayah Sumatera bagian utara yang dipusatkan di wilayah Dumai.

Mengambil lokasi di Pantai Bahari, Kel.Guntung, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, penanaman dilakukan oleh jajaran Forkopimda Riau diantaranya Staff Ahli Gubernur Riau Bid. Hukum dan Pemerintahan, Wakapolda Riau, Danrem 031/WB, Sekda Kota Dumai, Danlanal Dumai, Dandim 0320/Dumai, Dansatradar 232 Dumai, beserta 100 orang Masyarakat setempat dan 150 personel gabungan TNI & Polri.

Penanaman mangrove di Dumai ini adalah bagian dari penanaman mangrove nasional secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia tahun 2023 yang mengambil tema “Mangrove For Better Life”. Penanaman secara serentak  dilaksanakan di 37 provinsi di 370 lokasi penanaman, Senin (15/5/23)

Secara Nasional sebanyak 1.100.169 bibit mangrove yang ditanam di sejumlah titik yang telah ditentukan. Jumlah tersebut meliputi yang ditanam Angkatan Darat di 231 lokasi penanaman dengan 572.669 bibit, oleh Angkatan Laut di 79 lokasi penanaman dengan 443.700 bibit, dan oleh Angkatan Udara di 60 lokasi penanaman dengan 83.800 bibit.

Pada Puncak Penanaman Mangrove Nasional oleh TNI se-Indonesia, Presiden Repubik Indonesia Ir. H. Joko Widodo didampingi Seskab, Menteri KLHK, Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., serta Kepala Staf Angkatan mengawali dengan terjun langsung melaksanakan penanaman mangrove yang berada di Taman Wisata Alam Angke, PIK, Jakarta Utara, selanjutnya diikuti penanaman di berbagai lokasi lainnya di Indonesia secara serentak melalui saluran video conference.

Dalam sambutannya Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyampaikan Indonesia memiliki Hutan mangrove terbesar dengan luas 3 juta hektar, mangrove inilah yang harus kita rawat, kita pelihara, kalau di tempat-tempat yang kritis kita tanami kembali. Sehingga jangan sampai ada hutan mangrove kita yang rusak

Presiden juga mengapresiasi langkah TNI dan Polri dalam kegiatan penanaman mangrove nasional ini, “saya menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri juga pecinta dan penggiat lingkungan yang telah bersama-sama merehabilitasi hutan Mangrove,” ungkap Presiden Jokowi.

Pada kegiatan ini wilayah Sumatera bagian utara menanam sebanyak 3000 bibit mangrove.